Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di Sekolah SDN KEBON KOSONG 03 PG, Jakarta Pusat Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach For Indonesia



Pendataan dan Validasi Realisasi Kartu Jakarta Pintar di Sekolah SDN KEBON KOSONG 03 PG, Jakarta Pusat
Dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama
Teach For Indonesia




Kelas   :L201

Dosen  : Carolina Hisman, S.T., M.B.A.

Waktu  :Selasa, 27 Oktober 2015

Pukul   :07.30 - 10.30 WIB

Lokasi : Jl. Dakota IV ,kemayoran,kebon kosong , Jakarta Pusat



TIM yang hadir:

Ketua   : Michael Denny Manullang   1701339882



Anggota:

1. Kartina Navelia                   1701302375

2. Jonathan Gozali                   1701314444

3. Jhony Eliezer Simanjuntak  1701362576

4. Juhani Septiadi Tambun       1701369632

5.Immanuel Raharyo Soemedi 1701336395

 

Dari kiri ke kanan(belakang): kartina navelia,Juhani  Septiadi Tambun, Bpk.Chandra, Immanuel Raharyo Soemedi, Jonathan Gozali , Jhony Eliezer Simanjuntak 
Depan: Michael Denny Manullang   
 

2.  Bagian Isi
         A.  Landasan Teori
Pada pertemuan 6 professional character building dibahas tentang hak-hak konsumen. Terdapat 4 macam hak-hak konsumen :
1. Hak atas Keamanan  :
Produk-produk  mungkin dibangun untuk kesejahteraan manusia tetapi juga memiliki sifat merusak.
2. Hak atas Informasi :
konsumen berhak mengetahui informasi yang terkait dengan produk yang didapatkannya.
3. Hak untuk memilih :
Konsumen diperbolehkan untuk memilih produk yang ia inginkan dan membandingkannya dengan produk lain
4. Hak untuk didengarkan :
Konsumen berhak mengadukan keluhan dan pandangannya mengenai produk tersebut, karena konsumen lah yang menggunakan produk bisnis dari produsen. Produsen bertanggung jawab untuk itu.

Siswa – siswi SDN kebon kosong 03 PG sebagai pihak konsumen  berhak mendapatkan hak hak konsumen.


  B.  Persiapan melakukan Kegiatan
Pada tanggal 27 oktober 2015 ,kami berkumpul pada pukul 06.30 WIB dekat binus university. Kami sampai ke sekolah lebih lama karena kami tidak memiliki alamat Sekolah yang jelas. Satu hari sebelum waktu dilaksanakan kegiatan, kami memeriksa kembali dokumen untuk interview KJP siswa ,sekolah dan juga data data anak yang akan di interview ,yang harus kami bawa untuk keesokan harinya.

       C.  Metode Pendataan dan Validasi Kartu Jakarta Pintar
Metode pendataan dan validasi Kertu Jakarta Pintar adalah Interview langsung kepada Siswa yang terdapat pada data Kartu Jakarta Pintar yang kami dapatkan dari Teach For Indonesia(TFI). Hal positif dalam metode Interview langsung kepada siswa adalah kami dapat langsung berinterkasi dengan siswa tersebut sehingga data tersebut langsung dari narasumber. Hal yang perlu diperbaiki adalah cara kami berkomunikasi sedikit sulit karena narasumber adalah anak-anak. Sehingga cara kami berkomunikasi harus dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti oleh anak-anak.

D.    Bukti entry google docs
 
hasil entry KJP SISWA 
hasil entry KJP Sekolah


E.       Form Evaluasi
 
lembar pertama form evaluasi

lembar kedua form evaluasi.

3.  Bagian Penutup
            Dari melakukan kegiatan ini, kami menjadi mengerti seberapa pentingnya KJP untuk siswa siswi di DKI Jakarta. Hal positif yang kami dapatkan dari ini adalah kami menjadi mengerti bagaimana mekanisme mendapatkan KJP. Dan menurut kelompok kami bahwa KJP sebaiknya dilanjutkan karena sangaat bermanfaat untuk banyak siswa siswi DKI Jakarta.
Dan untuk jumlah peserta ,kami mendapatkan data KJP siswa SDN Kebon Kosong 03 PG  sebanyak 146 siswa. Sehingga kami melakukan pengumpulan data sebanyak 30 buah data siswa dari 146 siswa sesuai syarat dan ketentuan dari Teach For Indonesia(TFI).



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar